Wednesday, December 19, 2007

Lebaran kali ini

Tidak terasa hari kembali membawaku ke lebaran kali ini, rasa syukur, gembira, haru bercampur jadi satu. Dengan hati riang pagi2 bergegas saya kemas barang2.


"Nak jadi pulang?" Masih terngiang suara berat Bapak semalam di telpon

"Iya pak, insyaallah besok saya pulang" jawabku sepenuh hati.


Satu persatu Pakaian saya susun di tas. Rasanya sudah tidak sabar lagi ingin segera tiba di rumah. Beberapa jam lagi lebaran sudah datang. Tahun2 kemarin diwaktu2 seperti ini semua sudah berkumpul, menu2 sudah disusun. Saat aku kecil terkadang tangan2 mungilku mencuri2 sepotong ayam goreng gurih yang terhidang di meja yang kata ibu jangan diambil dulu tunggu sampai semuanya kumpul.


Tiba2 aku terpekur, tanganku gemetar, Ya Tuhan lebaran kali ini takkan sama lagi takkan pernah sama. Tidak ada lagi kehangatan seperti dulu yang akan saya temui di rumah. Yang terbayang sekarang hanya kekosongan, dan pertanyaan2 mereka yang tak bisa saya jawab.


"bagaimana sudah ada kepastian?"

"Kamu sudah bukan anak kecil lagi, jadi kapan rencananya?"

"Usahakanlah sesegera mungkin!"

"Kami tunggu jawabanmu saat lebaran nanti!"


Pertanyaan itu berganti2 muncul di pikiranku. Apa yang harus saya katankan? Saya bingung dengan semuanya, seharusnya hari saya akan menikmati kepulangan dengan riang, jarang2 bisa ngumpul seperti itu tapi entahlah tiba2 saja terasa berat untuk pulang, terasa berat untuk bertemu dengan mereka. Meskipun rinduku sudah menggunung.

Hanya satu yang menguatkanku untuk pulang.....
Saya ingin mengunjungimu Bu!
Saya kangen!
(Selamat Hari Raya Idul Adha 1428 H)


No comments: